h1

FILOSOFI MAGANG

June 11, 2008

Filosofi Magang

[catatan buat temen2 K-32]

Assalamu’laikum Wr. Wb.

[renungan singkat saja]

Barangkali kita kadang termangu atau bertanya-tanya. Pikiran kita terusik oleh pertanyaan-pertanyaan semisal Apa yang mesti kita lakukan saat magang??? Atau apa prioritas “kerja” kita menghabiskan waktu 3 bulan ini?

Kalau boleh berpendapat, yang terpenting dan nomer wahid untuk kita ketahui atau kita kerjakan adalah BUKAN membuat laporan mingguan, menyusun kawat alias brafaks, menerjemahkan berita dan menganalisanya, menjemput tamu, bahkan bukan pula menghadiri sebuah sidang multilateral sekalipun!!

Ada satu hal beyond semua itu. “Makhluk” tersebut adalah MENGERTI DENYUT NADI sebuah perwakilan. SEkali lagi mengerti DENYUT NADI.

Mengerti denyut nadi sebuah perwakilan secara sederhana artinya merasakan segala hal yang terjadi di KBRI; seluruh aktivitas, dinamika, orang-orang di KBRI, bahkan sampai kasak kusuknya juga! Dalam bahasa wartawan hal ini disebut dengan melihat apa yang tersembunyi jauuuuuh dibalik sebuah “fakta”.

Ringkas saja: Sebuah pertnyaan sebagai ilustrasi: Mengapa seorang bayi hanya bisa tersenyum dan menangis?? Jawabnya adalah: karena seorang bayi tidak memiliki MASA LALU dan MASA DEPAN. Dia hanya memiliki masa sekarang!

Nah, memgerti denyut nadi KBRI dengan cara sebenar-benarnya adalah sebuah proses  pelebaran space of  thought masa depan kita dan sekaligus pada saatnya akan menjadi khazanah masa lalu yang kaya dan pada ahirnya akan membuka space of action yang semestinya dilakukan. SEmakin lebar space of thought yang dmiliki maka akan semakin lebar juga space of action dimungkinkan.

Ah, sayang sekali, tulisan sesingkat ini tidak bisa mengungkap secara layak makna DENYUT NADI itu, yang dapat mewariskan sebuah “KE-BIJAK-AN” , bukan sekedar pengalaman, pengetahuan apalagi hanya sekekdar kepandaian.

Ok ini dulu. Hanya sebuah renungan pribadi. Mohon maaf.

Wassalam.

Sahrul “de la Riyadh” Murojab

–magang di KBRI Riyadh 21 Okt ’07 – 21 Jan ’08–

Advertisements

One comment

  1. kak saya ingin magang di kbri riyadh saudi arabia, bagaimana prosedur pengajuannya kak ?



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: